Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Media Powerpoint pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngrambitan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Roufah, Abelia Luthfita |
---|---|
Other Authors: | Mediatati, Nani |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10939 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media PowerPoint di kelas IV SD Negeri Ngrambitan. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru IPA yang mengajar kelas IV SD Negeri Ngrambitan. PTK ini dilaksanakan dalam 2 Siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngrambitan yang berjumlah 23 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi, dan observasi untuk mengukur keaktifan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif untuk data kuantitatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus I, dan nilai tes setelah siklus II. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL (Project Based Learning) dengan berbantuan media PowerPoint pada pelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri Ngrambitan Kabupaten Blora, Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keaktifan siswa. Terbukti pada pertemuan 1 siklus I nilai keaktifan siswa sebesar 63,77%, kemudian pada pertemuan 2 siklus I terjadi peningkatan menjadi 71,74%. Peningkatan juga terlihat pada siklus II, yaitu pada pertemuan 1 siklus II diperoleh nilai keaktifan siswa sebesar 80% dan meningkat pada pertemuan 2 siklus II yakni menjadi 87,68%. Hasil belajar siswa juga meningkkat yang ditandai dengan peningkatan jumlah ketuntasan hasil belajar siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa hanya 56,5% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 82,6% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 100% atau semua siswa kelas 4 SD Negeri Ngrambitan telah tuntas KKM pada mata pelajaran IPA Oleh karena itu hasil peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa telah sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL (Project Based Learning) dengan berbantuan media Power Point dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri Ngrambitan Kabupaten Blora, Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.