Upaya Peningkatan Kreativitas Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri dan Model Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas 4 SDN 02 Ngadisepi Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Fidayati
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10937
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kreativitas belajar IPA dapat diupayakan melalui pendekatan inkuiri dan model TPS siswa kelas 4 SDN 02 Ngadisepi Temanggung semester II tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model spiral dari Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Prosedur penelitian sebanyak dua siklus. Setiap siklus memiliki tiga langkah yaitu langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase kriteria kreativitas belajar IPA tinggi siswa kelas 4 SDN 02 Ngadisepi Temanggung semester II tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini nampak pada peningkatan presentase kriteria kreativitas belajar IPA dari siklus 1 ke siklus 2. Yakni kriteria kreativitas belajar IPA yang berkriteria tinggi 52,38% naik menjadi 90,48%, sedangkan kriteria kreativitas belajar IPA yang berkriteria sedang dari siklus 1 ke siklus 2 yakni 33,33% menjadi 9,52% dan kriteria kreativitas belajar IPA yang berkriteria rendah siklus 1 ke siklus 2 yakni 14,29% menjadi 0%. Penelitian ini dikatakan berhasil, yang ditunjukkan oleh persentase siswa yang memperoleh kriteria kreativitas belajar IPA yang tinggi mencapai 90,48% dari seluruh siswa lebih tinggi dari indikator yang ditetapkan yaitu 80%.