Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika yang Diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Learning Cycle 7E Siswa Kelas 5 Semester 2 SD Negeri Tlahab dan SD Negeri Bejen Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Dewi, Angga Noviana
Other Authors: Ratu, Novisita
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10934
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Learning Cycle 7E pada siswa kelas 5 Semester 2 SD Negeri Tlahab dan SD Negeri Bejen Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Grup Desain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Sampel terdiri dari kelas eksperimen 1 sebanyak 24 siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen 2 sebanyak 28 siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk menilai implementasi pembelajaran menggunakan lembar observasi dan tes digunakan untuk mengambil data hasil kemampuan pemahaman konsep matematika Sebelum diberikan perlakuan diadakan pretest, kemampuan pemahaman konsep kedua kelas sama. Dari hasil hipotesis uji independent sample t-test terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar dengan model Problem Based Learning dan Learning Cycle 7E. Hal ini dapat dilihat dari nilai Signifikan 0,31 dengan level signifikansi 5%. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika dan terlihat dari hasil posttest rata-rata nilai kelas eksperimen 1 78,23 lebih tinggi dari kelas eksperimen 2 yaitu 71,52.