Penerapan Project Based Learning Berbantuan Dongeng untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas IV SDN Rejowinangun Utara 1 Magelang Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Louisyana, Lisa |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10933 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Project Based Learning berbantuan dongeng pada peserta didik kelas IV SDN Rejowinangun Utara 1 semester II tahun ajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Rejowinangun Utara 1 Magelang yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yakni membandingkan hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam berdasarkan ketuntasan belajar pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Project Based Learning berbantuan dongeng kelas pada IV SDN Rejowinangun Utara 1 Magelang semester II tahun ajaran 2015/ 2016 terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan oleh peserta didik yang mengalami ketuntuasan belajar pada siklus I meningkat menjadi 20 peserta didik dengan nilai rata-rata 76,4. Pada siklus II, peserta didik sejumlah 26 peserta didik mengalami ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 84,4. Disarankan peserta didik untuk lebih bersemangat saat pembelajaran. Guru sebaiknya bisa menggunakan Project Based Learrning berbantuan dongeng untuk menyelenggarakan pembelajaran yang aktif.