Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving pada Siswa Kelas IV Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 SD Negeri Ngrawan 02 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang
Main Author: | Subroto, Dedik |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10931 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarekan hasil karya Tugas Akhir tersebut diterbitkan pada Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4 Nomor 2, September 2016. Alamat web: jurnal.fkip.uns.ac.id
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pembelajaran matematika. Siswa yang sering merasa bosan dengan pembelajaran matematika karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan hanya menggunakan metode pembelajaran satu arah saja. Rumusan masalah ini adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Ngrawan 02 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang? tujuam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Ngrawan 02 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang melalui metode pembelajaran Problem Solving dengan bantuan jenis soal terbuka (Open-Ended). Penelitian ini meruipakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 pertemuan pada sitiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngrawan 02 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Ngrawan 02 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang setiap siklus mengalami kenaikan. Nilai rata-rata pada siklus 1 60.8, pada siklus 1 naik menjadi 74, dan pada siklus 2 naik menjadi 83,1. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Problem Solving dengan bantuan jenis soal terbuka (Open-Ended) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Saran dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Problem Solving dengan bantuan jenis soal terbuka (Open-Ended) cocok diterapkan di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa.