Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Pembelajaran Discovery pada Siswa Kelas IV SDN Samban 02 Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Christy, Icha Arita
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10930
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran di SD Samban 02, rendahnya aktifitas siswa dalam proses belajar, kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pelajaran IPA dan setelah diadakannya evaluasi, nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Discovery kelas IV SD pada mata pelajaran IPA SD di Samban 02 Semester II Tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari tahap – tahap ,yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus yang meliputi distribusi frekuensi, skor minimal-maksimal, persentase dan analisis ketuntasan hasil belajar yaitu, apabila nilai akhir siswa diatas KKM mencapai lebih dari 70% dan rata-rata kelas mencapai 70. Subyek penelitian yang diangkat adalah siswa kelas 4 SD Samban 02 semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Samban 02 Semester 2 tahunpelajaran 2015/2016. Sebelum diberikan tindakan, ketuntasan hasil belajar 24 siswa terdapat 10 siswa tuntas dengan persentase 41,7% dengan rata – rata kelas 59,2. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan penerapan metode Discovery pada siklus I, ketuntasan hasil belajar IPA siswa meningkat terdapat 13 siswa tuntas dengan persentase 54,2% dengan rata – rata kelas 65,8. Sedangkan pada siklus ke II, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat terdapat 19 siswa tuntas dengan persentase mencapai 79,2% dengan rata – rata kelas mencapai 73,5.