Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SDN Mojotengah 2 Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Cahyati, Eri
Other Authors: Sulistari, Entri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10926
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Matematika yang signifikan dalam pembelajaran menggunakan model Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas 5 SDN Mojotengah 2 Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental research). Populasi adalah seluruh siswa SDN Mojotengah 1 dan SDN Mojotengah 2. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN Mojotengah 01 sebanyak 20 siswa dan seluruh siswa kelas 5 SDN Mojotengah 02 sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive stratified disproportionate sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen butir soal dan teknik observasi dengan instrumen lembar observasi dilengkapi dengan rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji t (Paired samples t-test) dengan taraf signifikansi = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Mojotengah 2 Temanggung semester II tahun pelajaran 2015/2016 terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh taraf signifikansi 0,000<0,05, dan hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel, yaitu 31,511> 2,023, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Matematika kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini juga diperkuat oleh perbedaan rata-rata hasil belajar materi pecahan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yakni 84 dan 74,5 selisih perbedaan rata-rata hasil belajar sebesar 9,5. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa dalam pembelajaran Matematika guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik bagi siswa.