Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N Gugus Merbabu Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Ariyanti, Bingah |
---|---|
Other Authors: | Setyorini |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10906 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N Gugus Merbabu Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design . Subjek yang digunakan adalah siswa kelas V SD N Kopeng 03 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N Kopeng 02 sebagai kelas kontrol. Kegiatan Pembelajaran dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x35 menit untuk masing-masing pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik nontes yang berupa observasi dan pemberian soal posttest untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t-tes menunjukkan bahwa nilai t adalah 7,349 dengan probabilitas Sig.(2-Tailed) 0,000 < 0,05, dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 82 sedangakan rata-rata nilai kelas kontol adalah 64, hal ini menunjukkan bahwan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD N Gugus Merbabu Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.