Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SDN 1 Ngadirejo Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Wulandari, Nofita |
---|---|
Other Authors: | Sulistari, Entri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10883 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SDN 1 Ngadirejo semester II tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian ekserimen semu (quasi eksperimental research). Populasi adalah siswa kelas 4A dan 4B SDN 1 Ngadirejo. Sample dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4A SDN 1 Ngadirejo sebanyak 28 siswa dan seluruh siswa kelas 4B SDN 1 Ngadirejo sebanyak 28 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive stratified disproportionate sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji t (Paired Sample Test) dengan taraf signifikansi = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SDN 1 Ngadirejo semester II tahun pelajaran 2015/2016 terbukti. Hal ini ditunjukan dengan taraf signifikansi nilai hasil belajar 0,001 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar Matematika kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Disamping itu juga nampak pada perbedaan rata-rata hasil belajar Matematika kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata hasil belajar kelompok Matematika kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yakni 91,29 > 81,43, perbedaan rata-rata hasil belajar sebesar 9,857. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dalam pembelajaran Matematika menggunakan model Teams Games Tournament untuk dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik bagi siswa.