Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Lagu terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD

Main Author: Lintangsari, Novanda Ana Eka
Other Authors: Radia, Elvira Hoesein
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
IPS
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10880
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada pokok bahasan Perkembangan Tekhnologi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media lagu dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran menggunakan model snowball throwing berbantuan media lagu merupakan sebuah pembelajaran yang menarik dan dapat melatih keberanian siswa dalam mengugkapkan pendapat. Bukan hanya aktif dalam pemikiran saja melainkan juga aktif dalam aspek psikomotor. Dalam pembelajaran ini siswa diminta untuk bermain lempar tangkap bola kertas yang telah diisi dengan pertanyaan, sehingga siswa pun dapat aktif bergerak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Wringinputih 02 dan seluruh siswa kelas IV SD Wringinputih 03. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wringinputih 02 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan siswa kelas IV SD Negeri Wringinputih 03 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan non tes, yaitu angket dan observasi. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model snowball throwing berbantuan media lagu dapat berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Penggunaan model dalam pembelajaran ini terbukti berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Dibuktikan dengan peningkatan skor motivasi siswa sebelum diberikan treatmen sampai setelah diberikan treatment. Hasil belajar siswa pun meningkat meskipun tidak secara signifikan. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa pembelajaran menggunakan model snowball throwing berbantuan media lagu berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa. Saran untuk pihak sekolah adalah lebih mampu untuk menggunakan model atau media dalam pembelajaran agar siswa mampu menerima pembelajaran dengan baik.