Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 di SD Negeri 4 Tanggung Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Ningrum, Emi Febrina |
---|---|
Other Authors: | Radia, Elvira Hoesein |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10874 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 4 di SD Negeri 4 Tanggung Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri 3 Tanggung sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas 4 SD Negeri 4 Tanggung sebagai kelompok eksperimen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ada dua yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai variabel bebas dan hasil belajar Bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Teknik analisis data menggunakan uji t Independent Sample T Test pada nilai post test. Hasil uji t nilai post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan t hitung = 2,276 dan 2,238 > t tabel = 2,028094 dengan siginifikansi 0,029 dan 0,033 < 0,05. Jadi, H_0 ditolak sedangkan H_a diterima artinya penggunaan model pembelajaran tipe TGT efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas 4 SD Negeri 4 Tanggung, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini juga dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 72,5 sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 59,44. Berdasarkan penelitian ini penulis memberikan saran agar guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai salah satu variasi dalam kegiatan pembelajaran karena tebukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT perlu dikembangkan untuk mata pelajaran yang lain dan perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari hasil penelitian ini.