Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH (Course Review Horay) Siswa Kelas VSD Negeri Banyurip Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Setiawan, Lilis
Other Authors: Purba, Romirio Torang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10870
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa dalam matematika rendah, siswa cenderung bosan, ketakutan menjawab pertanyaan, dan kurangnya keinginan mempelajari materi. Dalam penelitian digunakan pembelajaran CRH (Course Review Horay), tujuannya untuk mengetahui apakah motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Banyurip kecamatan Andong kabupaten Boyolali dapat ditingkatkan dengan menggunakan pembelajaran CRH (Course Review Horay) semester II tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus, masing-masing siklus memuat dua pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitian terdiri dari tiga variabel yaitu motivasi belajar, hasil belajar, dan model pembelajaran CRH (Course Review Horay). Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes (observasi). Instrumen pengumpulan data menggunakan butir soal tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan persentase motivasi dan hasil belajar antar siklus meliputi peningkatan motivasi dan ketuntasan (hasil) belajar antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Banyurip. Setelah diberikan tindakan pembelajaran CRH (Course Review Horay). Persentase motivasi tinggi pada siklus I siswa sebesar 62,62% dan siklus II 82,3%. Disamping itu terjadi juga peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh kenaikan persentase ketuntasan belajar siswa. Sebelum tindakan siswa sebanyak 5 siswa (31%). Setelah diberi tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah tuntas menjadi 6 siswa (37,5%). Pada siklus II terjadi peningkatan jumlah tuntas menjadi 15 siswa (93,75%). Jadi, motivasi dan hasil belajar dapat meningkat melalui model pembelajaran CRH (Course Review Horay) pada siswa kelas V SD Negeri Banyurip kecamatan Andong kabupaten Boyolali semester II tahun pelajaran 2015/2016 dengan standar kompetensi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. Mendasarkan pada hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) dalam pembelajara matematika SD. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran.