Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Jigsaw Berbantuan Media Komik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Rejeki, Vita Ayu |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10869 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru dalam menyampaikan materi pelajaran masih menggunakan metode pembelajaran yang biasa dan tidak menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Sehingga, siswa akan cenderung tidak aktif dalam pembelajaran dan akan merasa bosan. Hal ini akan mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw berbantuan komik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran IPA yang menggunakan metode pembelajaran Jigsaw berbantuan media pembelajaran komik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model spiral Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Rowosari sebanyak 16 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda dan esay, lembar pengamatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Jigsaw berbantuan media pembelajaran komik. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata klasikal siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 61,56. Setelah diadakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 78,6 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,8. Ketuntasan hasil belajar siswa pada kondisi awal sebesar 31,25% setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 68,75% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Adapun langkah-langkah metode pembelajaran Jigsaw berbantuan komik ini disesuaiakan dengan standar proses dan dapat meningkatkan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan metode pembelajaran Jigsaw berbantuan komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.