Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salatiga 01 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Harjani |
---|---|
Other Authors: | Radia, Elvira Hoesein |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10867 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di bawah KKM 70. Hal itu disebabkan pembelajaran yang masih menggunakan metode konfensional/ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 01 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 01 yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Instrument pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan Melalui Model Kooperatif Tipe Picture and Picture dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas IV SD negeri Salatiga 01 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang tuntas KKM 70 dari 38 siswa, pada kondisi awal adalah 26 (68%) siswa. Dilakukan penelitian pada siklus I meningkat dengan jumlah siswa 31 (82%) siswa dan dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 38 (100%) siswa.