Efektivitas Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match dan Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Setiyowati, Sri |
---|---|
Other Authors: | Purwiyastuti, Wahyu |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10866 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian yang dilakukan adalah: Mengetahui sejauh mana perbedaan keefektifan model pembelajaran Make a Match dan model pembelajaran Picture and Picture ditinjau dari hasil belajar materi cuaca dan pengaruhnya bagi kehidupan manusia dalam pembelajaran IPA kelas 3 SD N 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran Make a Match dan model pembelajaran Picture and Picture ditinjau dari hasil belajar materi cuaca dan pengaruhnya bagi kehidupan manusia dalam pembelajaran IPA kelas 3 SD N 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan?”. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimen1 jenis Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil uji kesetaraan pada kelompok Eksperimen2 dan kelompok Eksperimen1 menunjukkan adanya kesamaan atau setara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Populasi pada penelitian ini adalah gugus Ahmad Yani dan sampelnya adalah SD N 1 Nambuhan kelas IIIA sebagai kelompok Eksperimen2 dan kelas IIIB sebagai kelompok Eksperimen1. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji skor hasil belajar siswa adalah uji t dengan teknik Independent Sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match dan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD N 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016. Hal tersebut dapat dibuktikan setelah dilakukan uji t posttest yang menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah -1,584 dengan sig. (2-tailed) adalah 0,122.