Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Quantum Learning Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2015 /2016
Main Author: | Saputra, Ryan Pradana Adi |
---|---|
Other Authors: | Hardjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10864 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS masih menggunakan metode ceramah. Guru masih terpaku pada buku teks saja, siswa hanya mendengarkan, mencatat yang disampaikan oleh guru, kemudian mengerjakan sola-soal yang terdapat dalam buku pegangan. Kondisi demikian membuat siswa kurang aktif dan kurang kerja sama antar siswa, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning IPS siswa kelas 5 di SD Negeri 5 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan semester II tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakankelas. Penelitian ini dilakukan terhadap 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa laku-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa soal evaluasi yang dilaksanakan diakhir pembelajaran sedangkan teknik non tes berupa observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu pada langkah-langkah model pembelajaran Quantum Learning yang terdiri atas enam tahapan yaitu pengelompokan, perencanaan, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempresentasikan laporan akhir dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor proses pada siklus I adalah 70 dengan kriteria sedang, siklus II rata-rata skor sama meningkat menjadi 102 dengan kriteria tinggi. Pada kondisi awal rata-rata hasil belajar IPSyaitu 71,97 dengan ketuntasan 44% dari 31 siswa. Siklus I rata-rata hasil belajar IPS meningkat menjadi 77,20 dengan ketuntasan 81% dari 31 siswa. Siklus II rata-rata hasil belajar IPS meningkat menjadi 85,82 dengan ketuntasan 94% dari 31 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SDN 5 Ngraji.