Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Heads Together) dengan Menggunakan Media Garis Bilangan pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Semester II di SD Negeri Mukiran 03 Kec. Kaliwungu Kab. Semarang Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Rumanto, Tri |
---|---|
Other Authors: | Dwikurnaningsih, Yari |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10859 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran matematika di SD Negeri Mukiran 03 belum sesuai harapan karena guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi kurang paham akan materi yang diajarkan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together menggunakan media garis bilangan siswa kelas IV SDN Mukiran 03 semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi di setiap pertemuan, dan tes hasil belajar pada pertemuan kedua setiap siklusnya. Teknik analisis penelitian berupa deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan pembahasan analisis hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan melalui penggunaan metode Number Heads Together berbantuan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Mukiran 03 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Tingkat ketuntasan Matematika naik dari yang semula 53% menjadi 90% dan rata-rata kelas yang semula 66 naik menjadi 81. Peneliti mengharapkan guru SD dapat menerapkan metode NHT dalam kegiatan pembelajaran, dalam upaya memberikan pembelajaran yang bermutu sehingga hasil belajar siswa meningkat.