Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dengan Metode Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Balong Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Yuswantoro, Nayoga
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10856
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah guru dalam menyajikan materi pelajaran belum menggunakan metode yang bervariatif, masih banyak menggunakan ceramah sehingga pembelajaran kurang menarik dan siswa mudah bosan, kurang aktif dalam pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan metode pembelajaran picture and picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing – masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan 3) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 01 Balong kecamatan Jenawi kabupaten Karanganyar sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Adapun instrumen penelitianya menggunakan soal pilihan ganda dan lembar observasi guru dan lembar observasi siwa. Dari hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 01 Balong kecamatan Jenawi kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2015/2016 setelah menggunakan metode pembelajaran picture and picture. Hal ini nampak pada hasil perbandingan antara siklus yakni skor rata - rata pada kondisi pra siklus sebesar 64, siklus I meningkat menjadi 67 dan pada siklus II meningkat menjadi 83. Adapun ketuntasan hasil belajar pada kondisi pra siklus 39%, siklus I meningkat menjadi 48% dan siklus II meningkat menjadi 87%. Penelitian ini dinyatakan berhasil, ditunjukkan dengan hasil belajar IPS ≥ 80% dari seluruh siswa yang tuntas belajar dengan KKM ≥ 70. Hasil penelitian ini disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS SD terutama dalam menggunakan metode pembelajaran picture and picture dan dikembangkan dalam penelitian yang terkait dengan pendekatan pembelajaran dan penelitian hasil belajar.