Perbedaan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Example Non Example pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kauman Kidul dan SD Negeri Bugel 1 Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Pambudi, Cahyo Putri Ayuning
Other Authors: Setyaningtyas, Eunice Widyanti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10848
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dan model example non-example pada siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu atau (quasi eksperimental research). Penelitian dilakukan di SDN Kauman Kidul sebagai kelas eksperimen 1 dan SDN Bugel 1 sebagai kelas eksperimen 2. Data penelitian diambil dari pretest dan posttest pada kedua kelas. Untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar dari kedua kelas tersebut dilakukan dengan menggunakan uji t-test bantuan program perhitungan statistik SPSS 20 for windows. Hasil t-hitung diperoleh signifikansi ,043<0,05, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran mind mapping dan model pembelajaran example non-example pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kauman Kidul dan siswa SD Negeri Bugel 1 Kota Salatiga Semester II Tahun 2015/2016.Saran dalam penelitian ini diharapkan guru lebih inovatif dalam pemilihan model pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Untuk sekolah hendaknya menyediakan sarana prasarana yang memadahi untuk kegiatan belajar mengajar. Serta siswa hendaknya lebih memperhatikan dan lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.