Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Pendekatan RME pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebowan 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Andriyanto, Haris |
---|---|
Other Authors: | Yunianta, Tri Nova Hasti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10845 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kebowan 02 pada mata pelajaran matematika di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 60. Hal itu disebabkan pembelajaran matematika yang masih menggunakan metode konvensional/ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kebowan 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kebowan 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 21. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan melalui pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kebowan 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan siswa pada kondisi awal adalah 10 siswa (48%). Kemudian meningkat pada siklus I dengan jumlah 16 siswa (76%). Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (100%). Hasil penghitungan rata-rata skor hasil belajar siswa meningkat dari pra siklus ke siklus I, dengan rata-rata pada pra siklus adalah 58 dan rata-rata pada siklus I adalah 68, dan hasil penghitungan rata-rata skor hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II, dengan rata-rata pada siklus II adalah 75, Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan RME dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kebowan 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Siswa menjadi lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan soal matematika dengan cara mereka sendiri.