Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Discovery Learning Siswa Kelas 5 SDN Bringin Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Prabowo, Fahmi |
---|---|
Other Authors: | Sunardi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10843 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPA dapat diupayakan melalui pendekatan discoveyi learning siswa kelas 5 SDN Bringin Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Model PTK menggunakan model spiral yang dikemukakan Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap pertemuan dilaksanakan sesuai langkah-langkah pendekatan discovery learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Bringin Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan discriptif komparatif yaitu teknik yang membandingkan hasil belajar IPA berdasarkan ketuntasan skor terendah, skor tertinggi, skor rata-rata siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA yang diupayakan melalui pendekatan discovery learning siswa kelas 5 SDN Bringin Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan hasil belajar IPA berdasarkan ketuntasan, siklus I : siklus II, yakni 71,67% : 84,58% . Perbedaan hasil belajar IPA berdasarkan skor terendah siklus I:siklus II , yakni 50:55, perbedaan hasil belajar IPA berdasarkan skor tertinggi siklus I: siklu II, yakni 95:100, perbedaan hasil belajar IPA berdasarkan skor rata-rata siklus I: siklus II, yakni 71,67:84,58. Penelitian ini dinyatakan berhasil, yang ditunjukkan oleh 86,67 % dari seluruh siswa tuntas > 80 % yang telah ditetapkan dalam indikator kinerja. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPA, hendaknya guru disarankan berkomitmen untuk mendorong hasil belajar IPA melalui pendekatan discovery learning.