Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kemiri Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Kurniawati, Nurul Dwi
Other Authors: Purba, Romirio Torang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
IPS
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10841
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini beranjak dari kesimpulan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa penerapan model Talking Stick mempengaruhi hasil belajar IPS. Tetapi konteks daerah lain, belum tentu penerapan model Talking Stick mempengaruhi hasil belajar IPS. Sehingga timbullah keraguan terhadap pernyataan bahwa model Talking Stick mempengaruhi hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Talking Stick terhadap hasil belajar IPS SD Negeri 1 Kemiri siswa kelas V Semester II Tahun 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dan desain yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group, Pretest-Posttest Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kemiri yang berjumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol adalah siswa kelas V SD Negeri Tegowanuh yang berjumlah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari model Talking Stick sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik ancova. Hasil data uji ancova dapat diketahui bahwa corrected model menunjukkan angka signifikan/probabilitas sebesar 0,00  0,05 artinya pretest dan model pembelajaran secara simultan berbeda dampaknya terhadap hasil belajar. Intercept menunjukkan nilai konstanta dengan signifikan/probabilitas 0,00  0,05 dengan sumbangan dampak perlakuan terhadap hasil belajar sebesar sebesar 36,1%. Nilai signifikan pretest menunjukkan nilai signifikan probabilitas sebesar 0,00  0,05 artinya pretest memiliki dampak terhadap hasil belajar. Model pembelajaran menunjukkan nilai signifikan probabilitas sebesar 0,00  0,05 artinya model pembelajaran memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan menggunakan model Talking Stick. Saran dalam penelitian ini adalah guru mendapatkan masukan tentang cara penggunaan model Talking Stick agar pembelajaran yang dilakukan guru menjadi lebih variatif, sehingga tidak hanya terpaku dengan pembelajaran konvensional. Selain itu guru dapat membangkitkan minat siswa terhadap mata pelajaran IPS salah satunya dengan menerapkan model Talking Stick.