Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Berbantuan Flipbook untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa

Main Author: Isnaini, Lenny Ermita Dina Nur
Other Authors: Gundo, Adriyanto Juliastomo
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10767
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah terbatasnya media, siswa pasif dan sedikit yang aktif, siswa mudah bosan, guru-guru banyak menggunakan metode Konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBI berbantuan Flipbook dapat meningkatkan keaktifan siswa. Metode yang digunakan adalah metode Problem Based Instruction (PBI). Media yang digunakan adalah berbantuan Flipbook. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan. Peningkatan keaktifan yang sebelumnya 70.83% menjadi 84.54%, sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan siswa mengalami peningkatan keaktifan dengan model pembelajaran PBI berbantuan Flipbook.
  • Media limitation, passive and less active student, student easily to get bored,conventional learning method by teachers become problem underline this study. The aim of this study was to find out an effect of Problem Based Instruction (PBI) learning method using Flipbook toward student activeness. This study used Problem Based Instruction(PBI) learning method. Whereas Flipbook utilized as a media. This study showed increasing level of student activeness. Student activeness increase from 70.83% to 84.54%, according study result can be concluded that PBI learning model using Flipbook will increase student activeness