Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotor Siswa

Main Author: Amiranti, Risma Yulia
Other Authors: Cahyono, Ariya Dwika, Setiyanti, Angela Atik
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW , 2017
Subjects:
TIK
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10708
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa pada mata pelajaran TIK setelah diterapkan model pembelajaran Explicit Instruction dengan menggunakan NetSupport School. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pabelan dan sampelnya adalah 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan menggunakan NetSupport School terbukti meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa pada mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Pabelan.
  • The purpose of this research is to determine whether there is an increase in cognitive and psychomotor abilities of student on the subject of ICT after applying learning model of Explicit Instruction by using NetSupport School. The research method used is a quasi experimental design with nonequivalent control group design. Population in this research is class XI student of SMA Negeri 1 Pabelan and the sample consisted of 20 students of experimental class and 20 students of control class. The results showed that the implementing learning model of Explicit Instruction by using the NetSupport School proved to increase cognitive and psychomotor abilities of student on the subjects of ICT in SMA Negeri 1 Pabelan.