Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK N 1 Tengaran
Main Author: | Pambudi, Ahmad Bagus |
---|---|
Other Authors: | Paseleng, Mila Chrismawati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10707 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Universitas dikarenakan sedang proses diterbitkan di jurnal lain.
- Salah satu sikap yang dapat diamati adalah kemampuan bekerjasama. Kemampuan bekerjasama mengajarkan siswa sikap penghargaan terhadap objek, fenomena, atau perilaku. Maka dari itu peneliti menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Project Based Learning (PjBL) untuk mengajarkan kepada siswa kemampuan bekerjasama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektifitas STAD dan PjBL terhadap kerjasama siswa yang berdampak pada kemampuan individu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berlangsung dalam dua siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan bekerjasama siswa dilihat dari lembar observasi dari pra siklus sebesar 40,88% dengan kriteria kurang, pada siklus 1 sebesar 53,24% dengan kriteria cukup dan pada akhir siklus 2 menjadi 78,82% dengan kriteria baik. Begitu pula hasil angket pada siklus 1 sebesar 53,68% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus 2 sebesar 79,11% dengan kriteria baik.
- One of attitude that can observable is cooperate ability. The cooperate ability teaches student attitude award against an object, the phenomenon, or behavior. Therefore researchers used learning model student teams achievement division ( STAD ) and project based learning ( PJBL ) to teach to students the cooperate ability. The purpose of this research is to know how big the effectiveness of STAD and PjBL to cooperation students who have an impact on the ability of an individual. The research is research the act of class implemented within two cyclical consists of 4 meeting. Data collection use sheets of observation and chief. The result of this research showed increased capacity are working together to students seen from sheets of observation of the cycle of pre 40,88 % with the criteria for less, on the cycle 1 is 53,24 % with enough criteria and at the end of the cycle of 2 to 78,82 % with the criteria for good. Likewise with the poll on the results of the cycle 1 is 53,58% with the criteria is higher in the cycle of 2 as much as 79,11% with the criteria for good.