Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II pada Tema Peristiwa dengan Menggunakan Buku Cerita Bergambar di Perpustakaan SD Negeri 04 Getas Kaloran Temanggung Semester 2 Tahun 2011/2012
Main Author: | Lestari, Puji |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1055 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah nilai kemampuan siswa dalam membaca masih rendah, nilai rata-rata pembelajaran membaca dibawah KKM 75, pembelajaran membaca kurang menarik, sehingga pemahaman siswa tentang mata pelajaran Bahasa Indonesia kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah „‟Apakah dengan menggunakan buku cerita bergambar di perpustakaan Sekolah Dasar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II di SDN 04 Getas Kaloran Temanggung semester 2 tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan model spiral dari Kemmis, S. Dan Mc Target,R dengan menggunakan 2 siklus, masing –masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahap 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (aktion) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi ( reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN 04 Getas Kaloran Temanggung sebanyak 15 siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan Kemampuan Membaca siswa kelas II di SDN 04 Getas Kabupaten Temanggung dengan kompetensi dasar Membaca nyaring teks (15-20 kalimat ) dengan mempehatikan lafal dan intonasi yang tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca Pada kondisi awal persentase ketuntasan sebesar 40%. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 60%. Namun jumlah siswa yang tuntas masih kurang dari yang disyaratkan bagi keberhasilan penelitian ini yaitu 75% siswa tuntas belajar. Untuk itu dilakukan tindakan lanjutan pada siklus II, yang akhirnya mengalami peningkatan yang signifikan ketuntasan siswa mencapai 86,7 %.dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Saran yang ditunjukan bagi guru sebaiknya guru selalu mencari dan menerapkan sumber pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran agar siswa selalu aktif belajar. Salah satunya dengan menggunakan buku cerita bergambar di perpustakaan.Dengan buku cerita bergambar di perpustakaan sebagai sumber pembelajaran, dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam membaca.