Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran talking stick pada Siswa Kelas IV SDN Tlogowungu, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Lestari, Atik
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1053
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah paradigma pendidikan menekankan pada pembelajaran kontekstual dengan melibatkan siswa secara aktif. Kenyataan di lapangan terutama pendidikan dasar, keaktifan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga siswa dijadikan obyek pembelajaran, yang hasil pembelajaran tidak dapat mencapai optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tlogowungu,Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan observasi . Instrumen penelitian menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik deskriptif yakni membandingkan nilai kondisi awal, nilai siklus I dan nilai siklus II. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar dari tiap siklus pada pembelajaran dengan materi energi dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick. Hal ini ditunjukan oleh skor rata-rata pada pra siklus sebesar 52 dengan skor tertinggi 70 dan skor terendah 17, skor rata-rata pada siklus 1 adalah 71 dengan skor tertinggi 90 dan skor terendah 45, sedangkan skor rata-rata pada siklus II adalah 85 dengan skor tertinggi 100 dan skor terendah 55. Pada pra siklus ketuntasan belajar hanya dicapai oleh 1 siswa dari seluruh siswa (15 siswa) yaitu sebesar 7 %. Sedangkan pada siklus I ketuntasan belajar dapat dicapai oleh 11 siswa dari seluruh siswa (15 siswa) yaitu sebesar 73 %, pada siklus II ketuntasan belajar dapat dicapai oleh 14 siswa dari seluruh siswa (15 siswa) yaitu sebesar 93 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas IV SDN Tlogowungu, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Saran bagi guru pada waktu pembelajaran IPA, hendaknya guru dapat menyajikan metode talking stick dengan baik sehingga dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar IPA.