Upaya Meningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Kalimat Sederhana dengan Menggunakan Media Grafis pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Tanggung Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Wijayanto, Wisnu |
---|---|
Other Authors: | Relmasira, Stefanus Ch. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1049 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penulisan skripsi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring kalimat sederhana pada siswa kelas 1 SDN 1 Tanggung Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Karena, realita di lapangan berdasarkan hasil ulangan pada aspek membaca diperoleh rata-rata kelas hanya mencapai nilai 65,33. Sedangkan, dilihat dari tingkat keberhasilan individu hanya 53,33% yang tuntas. Hal ini diduga disebabkan dalam proses pembelajaran masih menggunakan cara kovensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca nyaring kalimat sederhana pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui media drafis pada siswa kelas 1 di SDN 1 Tanggung. Hipotesis penelitian ini adalah: “ Kemampuan Membaca Nyaring Kalimat Sederhana Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Tanggung Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012 diduga akan meningkat setelah menggunakan media grafis. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi untuk mengukur efektifitas penggunaan media grafis dalam pembelajaran. Soal tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca nyaring. Dokumentasi sebagai bukti proses belajar mengajar pada siklus I dan II, yaitu berupa foto. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 di SDN 1 Tanggung yang berjumlah 30 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa. Pada kondisi awal, kemampuan membaca siswa dikategorikan rendah yang ditunjukkan dengan rata-rata kelas yang hanya mencapai nilai 65,33 dan hanya 53,33% yang tutas, Setelah pelaksanaan tindakan (siklus 1), kemampuan membaca siswa meningkat dengan nilai rata-rata ulanagn siswa 72,67 dan persentase keberhasilan 73,33%. Namun, keberhasilan tersebut masih dibawah target pencapaian yang ditetapkan. Selanjutnya pada pelaksanaan tindakan (siklus 2), terjadi peningkatan dengan rata-rata ulanangan dengan nilai 80,33 dan prsentase 90% melampaui target pencapaian yang ditetapkan yaitu 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media grafis kemampuan membaca nyaring siswa kelas 1 SDN 1 Tanggung dapat meningkat.