Perbedaan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan Model STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV Gugus Bekisar Tuntang Semester II Tahun 2015/2016
Main Author: | Septiyani, Eka |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10395 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Dengan Model STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV Gugus Bekisar Tuntang Semester II Tahun 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research) dengan nonequivalent control group design sebagai desainnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tuntang 02 sebagai kelas Kontrol dan SD Negeri Tuntang 04 sebagai kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah model NHT (Numbered Heads Together) dan model STAD (Student Teams Achievement Division) sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada pembelajaran IPA kelas IV memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar dengan model STAD (Student Teams Achievement Division). Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata – rata post tes yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 71,82 sedangkan kelas kontrol adalah 63,18 . Uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil nilai t-hitung diperoleh signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dan hasil belajar IPA siswa dalam pembelajaran yang dilakukan dengan model STAD (Student Teams Achievement Division).