Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Purbaningtyas, Dewi Anggraini
Other Authors: Relmasira, Stefanus Ch.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1038
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga semester II tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Sidorejo Lor 01 Salatiga, yaitu IVA dan kelas IVB SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga, dengan jumlah siswa di kelas A 28 siswa dan jumlah siswa di kelas B 28 siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: “Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga semester II tahun pelajaran 2011/2012?â€�. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Experimental (Eksperimen Semu). Dalam penelitian ini kelas IVB menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan kelas IVA menggunakan pembelajaran konvensional. Analisis perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kontrol menggunakan Independent Sampel T-test. Hasil penelitian setelah pengolahan data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD (Sudent Team Achievement Division) terbukti efektif terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga semester II tahun pelajaran 2011/2012. Hal itu dapat dibuktikan berdasarkan hasil penelitian dari hasil uji t yang menunjukkan signifikansi 0,016 < 0,05 yang artinya bahwa penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) efektif terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga semester II tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan penelitian ini, hendaknya guru harus mampu mengembangkan model pembelajaran yang menarik bagi siswa, sehingga dapat membuat siswa merasa senang dan tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement), karena model pembelajaran ini sangat menarik bagi siswa.