Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Menggunakan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran IPS KelaS V SD N Kumpulrejo 02 Kota Salatiga Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Kristina, Eunike |
---|---|
Other Authors: | Relmasira, Stefanus Christian |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10301 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan pada pencapaian nilai hasil belajar IPS yang sangat rendah di kelas V SD N Kumpulrejo 02 Salatiga. Salah satu penyebabnya karena pembelajaran yang dilakukan masih cenderung menggunakan metode tradisional atau sering disebut dengan metode ceramah, sehingga perlu adanya pembelajaran yang inovatif yaitu melalui model pembelajaran cooperative script dengan menggunakan media audio-visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N Kumpulrejo 02 melalui model pembelajaran cooperative script dengan menggunakan media audio-visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dimana masing-masing siklusnya diawali dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Pada setiap siklus direncanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Kumpulrejo 02 Salatiga yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan menggunakan media audio-visual ketuntasan pada siklus 1 sebesar 65% atau 13 siswa dan siklus 2 sebesar 90% atau 18 siswa. Frekuensi kenaikan ketuntasan belajar yaitu dari prasiklus 6 siswa, siklus 1 menjadi 13 siswa, siklus 2 menjadi 18 siswa dengan presentase 30%, 65%, 90%. Nilai rata-rata kelas sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan media audio-visual sebesar 64,1 saja, namun setelah model pembelajaran cooperative script dengan menggunakan media audio-visual pada siklus 1 naik sebesar 68 dan siklus 2 sebesar 83,4. Melalui model pembelajaran cooperative script siswa diajarkan untuk bekerjasama dalam kelompok, memerankan peran mereka sebagai pendengar dan pembicara sehingga siswa aktif dalam belajar. Bekerjasama dalam kelompok dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, keberanian dan rasa percaya diri. Penggunaan media audio-visual dapat menumbuhkan ketertarikan dan motivasi sehingga siswa antusias untuk belajar, siswa dituntut untuk fokus menyimak materi dalam bentuk audio-visual, dengan langsung melihat peristiwa melalui media dan menganalisis secara sederhana siswa akan lebih mudah memahami materi. Maka dapat disimpulkan menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016.