Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Vieta
Other Authors: Relmasira, Stefanus C.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1028
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 5 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif bersama dengan guru kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 5 Karanganyar. Siswa kelas V SD Negeri 5 Karanganyar yang terdiri dari 26 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis menggunakan statistik sederhana yang terdiri dari persentase, skor minimal-maksimal, dan rata-rata. Instrumen untuk pemerolehan data dalam penelitian ini adalah tes evaluasi hasil belajar Matematika dengan materi bangun datar dan bangun ruang yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa mengalami peningkatan setelah perlakuan siklus I dan siklus II yang menggunakan model pembelajaran kontekstual. Pada kondisi awal atau pra-siklus, terdapat 12 siswa (46,15%) yang mendapatkan nilai di bawah KKM (63) dan 14 siswa (53,85%) mendapat nilai di atas KKM (63) dengan rata-rata hasil belajar 65. Setelah dilakukan tindakan melalui siklus I rata-rata hasil belajar Matematika semakin meningkat. Siswa mendapat nilai di bawah KKM berkurang menjadi 8 siswa (30,77%) dan siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM (63) menjadi 18 (69,23%) dengan nilai rata-rata 68, 65. Setelah dilakukan siklus II, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 73,65 dan siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (63) menjadi 2 siswa (7,69%) dan siswa yang mendapat nilai di atas KKM (63) menjadi 24 siswa (92,31%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 5 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran yang diajukan adalah model pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang baik untuk diterapkan pada pembelajaran di Sekolah Dasar sebab melalui pembelajaran ini siswa diajak belajar secara langsung terlibat dalam pembelajaran, siswa menemukan hasil akhir dalam pembelajaran yang akan dibuat kesimpulan antara guru dan siswa. Sehingga hasil belajar matematika siswa dapat meningkat.