Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation dan Pendekatan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 4 SDN Dukuh 02 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Geovanny, Hedwigis Septiyana
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10267
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas model pembelajaran group investigation dan pendekatan discovery learning (MPGI-PDL) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas 4 SDN Dukuh 02 Salatiga semester II tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SDN Dukuh 02 Salatiga sebanyak 26 siswa dan seluruh siswa kelas 4 SDN Randuacir 02 Salatiga sebanyak 29 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Dukuh 02 Salatiga dan siswa SDN Randuacir 02 Salatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive stratified disproportionate sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen butir soal dan teknik observasi dengan instrumen lembar observasi dilengkapi dengan rubrik pengukuran sikap. Teknik analisis data menggunakan uji t (paired samples t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efektivitas MP GI-PDL terhadap hasil belajar subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas 4 SDN Dukuh 02 Salatiga semester II tahun pelajaran 2015/2016 terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil perhitungan uji t 6,735 > 2,060, artinya efektivitas MP GI-PDL terhadap hasil belajar tematik siswa kelas 4 SDN Dukuh 02 Salatiga semester II tahun pelajaran 2015/2016 signifikan dan diterima. Hal ini juga diperkuat oleh perbedaan rata-rata hasil belajar subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yakni 88,96 dan74,83 sehingga terdapat perbedaan sebesar 14,13. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa dalam pembelajaran tematik guru hendaknya mendesain pembelajaran MP GI-PDL.