Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Sidorejo Kidul 02 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Febriana, Nungky |
---|---|
Other Authors: | Relmasira, Stefanus Christian |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10263 |
Daftar Isi:
- Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang masih rendah atau mendapat nilai di bawah KKM yaitu ≥ 65. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu guru dominan dengan menggunakan metode ceramah untuk mata pelajaran IPA sehingga siswa bosan, kurang aktif dalam pembelajaran, kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA, siswa cenderung pasif saat guru menjelaskan materi, lingkungan siswa yang kurang mendukung proses belajar, siswa lebih suka bermain dibandingkan meluaangkan waktu untuk belajar, dan pada saat guru menanyakan kembali mengenai materi yang di sampaikan siswa mudah untuk lupa. Make A Match mampu meningkatkan pencapaian akademik, rasa toleransi dan menghargai perbedaan, serta membangun keterampilan sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan hasil observasi kegiatan guru dan siswa serta nilai hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yang ditandai dari ketuntasan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal dari 28 siswa hanya terdapat 17 yang tuntas, pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 22 siswa dan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa sebanyak 28 siswa. Model pembelajaran Make A Match tidak hanya dapat digunakan pada mata pelajaan IPA, tetapi juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain. Untuk selanjutnya dalam menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantuan video pembelajaran, tidak hanya pada mata pelajaran IPA tapi pada mata pelajaran yang lain juga