Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Mlowokarangtalun dan SDN 4 Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Murtiyanto, Agung Bayu Tri
Other Authors: Ratu, Novisita
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
PMR
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10260
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan Model Pembelajaran CTL dengan Model PMR terhadap Hasil Belajar kelas IV SDN 1 Mlowokarangtalun dan SDN 4 Mlowokarangtalun Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 Kabupaten Grobogan. Desain Eksperimen dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dalam bentuk Pretest Posttest Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah SDN yang ada di Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Dalam penelitian ini cara untuk menentukan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Penelitian ini dalam mengambil data menggunakan teknik pretest dan posttest. Subjek penelitian sebanyak 44 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah soal tes. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T Test, pada taraf signifikansi 5% (a=0,05). Hasil penghitungan menggunakan Uji T-Test, diperoleh hasil t adalah 2.059 dengan signifikansi 0,046 < 0,05. Berdasarkan penghitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas penggunaan model pembelajaran CTL dengan PMR terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Mlowokarangtalun dan SDN 4 Mlowokarangtalun Kabupaten Grobogan. Berdasarkan penelitian, di sarankan kepada guru menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik dalam meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik.