Perbedaan Hasil Belajar IPA antara Pendekatan Saintific dengan Model Inquiry dan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas 5 SD

Main Author: Hanarko, Novian
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10251
Daftar Isi:
  • Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pendekatan Saintifik model inquiry dengan model Problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswakelas 5 SDN Bringindan SDN 02 Karanggeneng Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Penelitianin menggunakan desain eksperimen Semu (quasi eksperimen)two-group posttest only. Penelitian dilakukan di SD Negeri Bringin Sebagai kelompok eksperimen Dan SD Negri 02 Karanggeneng sebagai Kelompok control. Analisis pra penelitian instrument pre test diberikan kepada kedua kelompok, dengan hasil signifikansi 2-tailed 0.352>0.05 menunjukan kedua kelas tersebut setara. Kedua kelompok diberikan treatmen pembelajaran pendekatan saintifik dengan model inquiry untuk kelompok control probleb based learning untuk kelompok eksperimen. Setelah diberikan pembelajaraan dengan model yang berbeda Kedua kelompok diberikan post test. Hasil uji Independent Sample T-testdari post test menunjukan perbedaan rata-rata sebesar 4.733 dan hasil signifikan 2-tailed sebesar 0.108 lebih dari 0.05atau 0,108 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pendekatan saintifik model Inquiry dengan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN Bringin dan SDN 02 Karanggeneng .