Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SDN Sambirejo 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Astuti, Puji |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10249 |
Daftar Isi:
- Penelitian berjudul Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SDN Sambirejo 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Sambirejo 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang semester I tahun ajaran 2015/2016 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe make a match . Penlitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi sekolah yaitu meningkatkan hasil belajar IPA dan bagi siswa akan lebih meningkatkan penguasaan tentang rangka manusia, bagi guru menjadi masukan dan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I rata – rata nilai 67,5 dan rata – rata nilai pada siklus II 78,09. Simpulan yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas adalah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 SDN Sambirejo 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Saran peneliti hendaknya guru pengampu menerapkan make a match tidak hanya menerapkan pada pembelajaran IPA, tetapi juga pada mapel lainnya sehingga hasil belajar siswa meningkat.