Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan Metode Peer Tutoring ( Tutor Sebaya ) Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kuripan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Setiawan, Kukuh
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10239
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan kelas ( PTK ) ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS kelas V SD Negeri 2 Kuripan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus ada 2 kali pertemuan, Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Pada awal sebelum diadakan Penelitian tindakan kelas ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 7 siswa yang tuntas ( 28% ) dari rata – rata kelas 63,28.Pada siklus I ada 2 peretemuan dan kemudian ada peningkatan ketuntasan hasil belajar mencapai 15 siswa ( 60% ) dari rata – rata kelas 68,56.Pada siklus II ada 2 pertemuan hasil belajar mencapai 22 siswa ( 88% ) rata – rata kelas 76,04. Dari hasil penelitian tindakan kelas dapat diambil kesimpulan bahwa melalui peer tutoring( tutor sebaya ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat diterapkan pada mata pelajaran lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai dengan harapan Untuk meningkatkan hasil belajar peer tutoring ( tutor sebaya ) dapat menjadi salah satu alternatif dalam mencapai tujuan pembelajaran.Dengan demikian metode peer tutoring ( tutor sebaya ) adalah metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD negeri Kuripan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun ajaran 2015/2016.Selain hasil belajar meningkat, siswa merasa senang karena mendapat pengalaman baru yang menyenangkan.