Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas 6 SDN Ledok 05 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Chanifah, Atik Nur |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10233 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran masih menggunakan metode konvensional (ceramah). Guru sebagai satu-satunya sumber dalam pembelajaran dan tidak melibatkan siswa secara aktif. Akibatnya siswa menjadi bosan dan mengakibatkan hasil belajar pun tidak maksimal. Dari latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas 6 SDN Ledok 05 Kecamatan Argomulyo semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Ledok 05 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga sebanyak 23 siswa. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi dan teknik tes. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi untuk mengetahui proses pembelajaran setiap pertemuan dan soal tes diberikan setiap akhir pertemuan pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Ledok 05 mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Teams Games Tournament (TGT). Pada pra siklus tingkat ketuntasan hanya 30%. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 86%. Rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I adalah 74, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 80. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka pembelajaran IPA di SD dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disarankan untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.