Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri Salatiga 06 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Susanti, Fifi Ari
Other Authors: Relmasira, Stefanus Ch.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1023
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Salatiga 06 semester II tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 06. Dalam penelitian ini sebagai kelompok eksperimen adalah seluruh siswa kelas IVB SD Negeri Salatiga 06 yang berjumlah 28 siswa dan sebagai kelompok kontrol adalah seluruh siswa kelas IVA SD Negeri Salatiga 06 yang berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji beda rata-rata dengan menggunakan Independent Sampel T-test. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental (Eksperimen Semu). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen yaitu 82,46 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol yaitu 75,42. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai sig. 0,000 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas IVB SD Negeri Salatiga 06 dengan hasil belajar matematika siswa kelas IVA SD Negeri Salatiga 06, perlakuan yang diberikan dapat lebih efektif digunakan. Saran yang diajukan kepada pendidikan di Sekolah Dasar bahwa guru hendaknya mampu memilih model pembelajaran yang tepat sehingga materi yang disajikan dapat mudah diterima dan dipahami oleh siswa. Siswa hendaknya berani dan mampu melakukan presentasi kedepan kelas untuk membagi informasi dengan teman lainnya. Peneliti selanjutnya juga harus lebih kreatif dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam pembelajaran.