Hubungan Penerimaan Diri dan Kebermaknaan Hidup pada Remaja Tuna Daksa

Main Author: Megasari, Ajeng Puspita
Other Authors: Soetjiningsih, Christiana Hari
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Psikologi FPSI-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10173
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan penerimaan diri dan kebermaknaan hidup pada remaja tuna daksa. Hipotesis yang diajukan adalah ada korelasi positif antara penerimaan diri dengan kebermaknaan hidup pada remaja tuna daksa. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja tuna daksa BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta sebanyak 42 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan Skala Penerimaan Diri dan Skala Kebermaknaan Hidup. Analisis data menggunakan metode korelasi product moment. Hasil menunjukkan menunjukkan keofisien korelasi sebesar rxy = 0,547 (p<0,05) yang artinya terdapat hubungan positif penerimaan diri dengan kebermaknaan hidup. Penerimaan diri memberikan sumbangan terhadap kebermaknaan hidup sebesar 54,70 %, sedangkan 45,30 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.
  • This study aims to test empirically the relationship of self-acceptance and meaningfulness of life in adolescents disabled. The hypothesis is a positive correlation between self-acceptance with the meaningfulness of life in adolescents disabled. Subjects in this study were young disabled BBRSBD Prof. Dr. Soeharso Surakarta as many as 42 people. The data collection is done with Self-Acceptance Scale and Scale Significance of Life. Data analysis using product moment correlation. The results showed a correlation of r xy shows keofisien = 0.547 (p <0.05), which means self-acceptance is a positive relationship with the meaningfulness of life. Self-acceptance contribute to the meaningfulness of life amounted to 54.70%, while 45.30% are influenced by other factors not included in this study.