Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin pada Siswa Kelas IV SD Pangudi Luhur Ambarawa Semester II Tahun Ajaran 2011/ 2012.

Main Author: Purwoko, Daniel Hendra
Other Authors: Mulyani, Petra Kristi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1016
Daftar Isi:
  • Mencatat adalah salah satu cara untuk membantu proses mengingat, tetapi realita yang terjadi adalah siswa hanya memindahkan catatan dari guru tanpa mengerti dan menelaah lebih lanjut catatan tersebut sehingga yang terjadi membuat materi yang diingat semakin mudah tetapi membuat materi menjadi semakin sulit diingat. Salah satu cara untuk menghadapi masalh tersebut yaitu dengan menggunkan mind mapping . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa yang ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Jenis kelamin disini digunakan untuk mengetahui metode mind mapping lebih berpengaruh untuk siswa dengan jenis kelamin laki- laki atau perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah metode mind mapping sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat, jenis kelamin sebagai variabel moderator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Pangudi Luhur Ambarawa. Siswa kelas IV A 49 siswa dan siswa kelas IV B 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik tes. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Instrumen soal terlebih dahulu diuji validitas dengan menggunakan corrected item to total correlation. Uji reliabilitas menggunakan cronbachâ€TMs alpha. Hasil penelitian kelas kontrol mempunyai rata- rata 74.269 dan kelas eksperimen 82,87. Nilai signifikansi yang diperoleh dari penghitungan anova 2 jalan 0,000 dengan tingkat kesalahan 5%, hasil tersebut menunjukkan bahwa metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar. Sedangkan penghitungan dalam perbedaan jenis kelamin menunjukkan nilai 0,003 yang menunjukkan bahwa jenis kelamin berpengaruh terhadap metode yang digunakan. Peneliti menggunakan perbandingan gain yang dibandingkan dari hasil pretest dan nilai postest kemudian dicari selisih antara jenis kelamin laki- laki dan perempuan. Dari hasil perhitungan terdapat selisih 10,449. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode mind mapping lebih berpengaruh terhadap siswa dengan jenis kelamin laki- laki. Pembelajaran mind mapping disajikan dalam catatan bentuk catatan, diskusi, tanya jawab, dan soal evaluasi. Saran tindak lanjut dalam pembelajaran hendaknya siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajran dan dibarengi guru lebih kreatif dalam menyajikan materi seperti dengan menggunakan mind mapping. Penelitian ini dilakukan sendiri oleh peneliti sebagai pengajar, pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan oleh guru kelas sehingga factor kurang terbiasanya siswa menghadapi peneliti sebagai guru baru dapat dicegah agar tidak mempebgaruhi hasil penelitian.
  • Note taking is one of methods that can help the process of memorizing, but the fact is students only transfer the teachersâ€TM note without understanding and analyzing it carefully. Instead of helping the students memorize the materials easier, it makes the students hard to remember the notes. One of the solutions to overcome this problem is using mind mapping. The objective of this research is to find out the influence of mind mapping method to the studentsâ€TM grade that is observed from the relation of their sex. The sex is used to find out whether the mind mapping method will give more influence to male or female students. The variables of this research are mind mapping method as independent variable, the studentsâ€TM grade as dependent variable, and studentsâ€TM sex as the moderator variable. The subject is the fourth grade students from two classes of SD Pangudi Luhur Ambarawa. Students from grade IV A is 49 students, whereas students from grade IV B is 48 students. The data is collected through the test and observation. Test is used to discover the studentsâ€TM grade in IPA lessons. The validity of the testâ€TM instrument is tested using corrected item to total correlation and its reliability is tested using Cronbachâ€TMs Alpla. The results are the control class has the average of 74.269 and the experimental class has the average of 82,87. The significant value from the two ailed ANOVA 0,000 with 5% error level shows that the mind mapping method influences the studentsâ€TM grade ; whereas the calculation of the sex differences shows value of 0,03 which explains that sex influences the method. The researcher used gain ratio that was compared from the pretest and posttest result then calculate the difference between the male and female. The result is 10,449. It can be concluded that mind mapping influences the male students more. Mind mapping learning was applied by giving notes in form of mind mapping, discussion, question and answer, and evaluation questions. The researcher suggests that in a teaching learning process the students should be more active and the teacher should be more creative in giving material using mind mapping. This research was done by the researcher as the teacher. In the next research the teacher should teaches the students by him/her selves using the mind mapping method not the researches. It is to avoid the students uncomfortable feeling of the teacher so that it will not affect the researchâ€TM result.