Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Salatiga 06 Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Yunitasari, Novi |
---|---|
Other Authors: | Relmasira, Stefanus C. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1014 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini akan mengkaji mengenai perbedaan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran konvensional dalam pencapaian hasil belajar IPA kelas V SD Negeri Salatiga 06 tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Salatiga 06 Tahun Pelajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini kelompok eksperimen adalah seluruh siswa kelas VA SD Negeri Salatiga 06 yang berjumlah 20 siswa dan kelompok kontrol adalah seluruh siswa kelas VB SD Negeri Salatiga 06 yang berjumlah 22 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji beda rata-rata dengan menggunakan Independent Sampel T-test. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental (Eksperimen Semu). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD) pada pelajaran IPA sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Nonequivalent Control Design. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen yaitu 82,60 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol yaitu 73,41. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai sig. 0,000 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa kelas VA SD Negeri Salatiga 06 dengan hasil belajar IPA siswa kelas VB SD Negeri Salatiga 06, perlakuan yang diberikan dapat lebih efektif digunakan. Setelah melaksanakan penelitian dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD) efektif untuk peningkatkan hasil belajar IPA siswa.