Pengaruh Metode Bermain dengan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Sifat Bangun Datar pada Siswa Kelas III SD Kristen Satya Wacana Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Anggraeni, Ardiani Widya
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1004
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain puzzle terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sifat bangun datar pada siswa kelas III SD Kristen Satya Wacana Salatiga semester II tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada kelas III A dan III B SD Kristen Satya Wacana. Dalam penelitian ini kelas III A sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 28 siswa dan kelas III B sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil analisis nilai pretest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa kedua kelompok tersebut homogen, dilihat dari nilai sig. 0,833 > 0,05. Artinya data memiliki varian yang tidak berbeda secara signifikan sehingga kelompok eksperimen dapat diberi perlakuan yaitu dengan penggunaan metode bermain dengan puzzle dan kelas control menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sampel T Test untuk menguji beda rata-rata. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan pada nilai posttest kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika dalam pokok bahasan sifat bangun datar pada siswa kelas III B dengan hasil belajar pada siswa kelas III A SD Kristen Satya Wacana, maka perlakuan yang diberikan dapat berpengaruh signifikan. Disarankan agar Guru dapat menggunakan metode bermain dengan puzzle dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan sifat bangun datar sebagai alternatif pembelajaran untuk memunculkan ketertarikan siswa pada materi sehingga pendalaman siswa terhadap materi menjadi lebih baik. Guru diharapkan cermat dalam memilih metode dan kreatif dalam membuat alat peraga sehingga siswa merasa senang saat belajar sehingga siswa dapat lebih mudah dalam menerima dan memahami materi. Bagi siswa hendaknya tidak takut atau malu untuk bertanya saat belum paham, belajar lebih giat dan tekun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.