Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk Materi Penjumlahan Bentuk Aljabar

Main Authors: Trisnawati, Septi Eka, Hartatiana, Hartatiana, Wardani, Ambarsari Kusuma
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2020
Subjects:
LKS
Online Access: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9063
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9063/5092
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis pendekatanpendidikan realistik matematik yang valid untuk materi penjumlahan bentuk aljabar. Model pengembangan yang digunakan adalah 3 dari 10 langkah pada model pengembangan Borg & Gall. Yakni Research and Information Collection (Riset dan Pengumpulan Informasi) yang terdiri dari pengukuran kebutuhan, studi literatur dan studi lapangan, Planning (Perencanaan), Develop Preliminary Form of Product (Pengembangan Bentuk Awal Produk.) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu SMP Muhammadiyah Palembang dengan jumlah 30 siswa yang berada di kota Palembang dengan total 30 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dari aspek konten, konstruk, dan bahasa. LKS ini dapat menjadi alternatif bahan ajar untuk membantu pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan bentuk aljabar