Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Main Authors: | Kuswandi, K, Astuti, Heni Puji |
---|---|
Other Authors: | UNTIRTA |
Format: | Article info Jigsaw application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/6695 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/6695/4247 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan desain diskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dengan instrument soal posttest. Dengan menganalisis hasil posttest sampel penelitian dari masing-masing katagori, maka dapat ditemukan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis dari subjek penelitian yang dikelompokkan menjadi tiga yaitu kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.