Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa
Main Authors: | Aprilia, Resa, Destiniar, Destiniar, Septiati, Ety |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/18568 https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/18568/8369 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 5 Muara Enim ditinjau dari self-efficacy siswa pada materi aritmatika sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 5 Muara Enim yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) self-efficacy siswa terdiri dari self-efficacy tinggi (9 siswa), sedang (6 siswa), rendah (9 siswa); 2) keterampilan mengatasi masalah di kelas tinggi (5 siswa), sedang (11 siswa), rendah (8 siswa); 3) siswa yang memiliki self-efficacy tinggi dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dapat memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah, siswa self-efficacy sedang dengan kemampuan pemecahan masalah sedang kurang mampu memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah serta siswa yang memiliki self-efficacy rendah dengan kemampuan pemecahan masalah rendah tidak mampu memenuhi indikator pemecahan masalah. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin baik self-efficacy siswa maka semakin mudah untuk menyelesaikan masalah dan semakin rendah self-efficacy siswa, semakin sulit untuk mengatasi masalah