PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DAREL HIKMAH PEKANBARU

Main Authors: Nufus, Hayatun, Yuniati, Suci
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2015
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/1437
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/1437/1241
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kemampuan koneksi matematika siswa yang belajar menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang belajar tidak dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen desain non equvalent control group design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas Kelas VIIIB2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis datanya normal dan homogen sehingga uji yang digunakan adalahu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan koneksi matematika siswa yang belajar menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang belajar tanpa menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education