Pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTs

Main Authors: Lestari, Novita Yuliazmar, Revita, Rena, Irma, Ade
Format: Article info Problem Based Learning application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2022
Subjects:
Online Access: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/13955
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/13955/7708
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis model problem based learning pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, modul matematika berbasis model problem based learning dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 91,80%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa diperoleh bahwa modul matematika berbasis model problem based learning sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 85,85%.