Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Concept Siswa SMA/MA
Main Authors: | Asuro, Nur, Fitri, Irma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/10031 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/10031/5108 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/downloadSuppFile/10031/1515 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self concept siswa pada materi program linear. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kampar pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kampar yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis pada materi program linear berupa 4 butir soal berbentuk uraian, angket self concept dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa secara keseluruhan, kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 1 Kampar tergolong kategori sedang. Subjek dengan self concept tinggi mampu memenuhi semua indikator KKM. Adapun subjek dengan self concept sedang hanya mampu memenuhi beberapa indikator dimana subjek lebih banyak menguasai indikator drawing dan mathematical expression daripada indikator written text. Pada subjek self concept sedang terdapat 3 siswa dan untuk indikator yang belum terpenuhi dikarenakan siswa memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan. Kemudian, subjek dengan self concept rendah hampir semua indikator belum terpenuhi dimana dalam memberikan jawaban belum lengkap.